• Jurnal Thengkyang
    Vol 1 No 1 (2018)

    Beberapa Isu di bidang Ilmu Hukum akan menjadi pembahasan dalam Jurnal Thengkyang terbitan Volume 1, Nomor 1 Tahun 2018. Pertama diawali oleh Muh. Zainul Arifin tentang Pengelolaan Anggaran Pembangunan Desa Di Desa Bungin Tinggi, Kecamatan Sirah Pulau Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. lalu artikel yang kedua, oleh Junaidi tentang  Perlindungan hukum terhadap pelaku dan korban anak atas tindak pidana pencabulan dengan kekerasan  Ditinjau dari hukum positif. Ketiga oleh Chitra Imelda tentang "  Perlindungan Hukum Terhadap Saksi Korban Dalam Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Saksi Dan Korban". Keempat oleh Silfy Maidianti tentang "  Implementasi HAM Sebagai Hak Konstitusional Warga Negara Pada Peraturan Daerah Mengenai Sistem Penyelengaraan  Pendidikan Gratis 12 Tahun di Provinsi Sumatera Selatan Khususnya Kota Palembang" artikel Kelima ditulis oleh Waliadin tentang "Peran Penyidik Terhadap Perempuan Dan Anak Korban Tindak Kekerasan" dan artikel terakhir ditulis oleh Muh. Syahri Ramadhan tentang " Transparansi Pengelolaan Dana Corporate Social Responsibility Sebagai Upaya Antisipasi Terjadinya Praktek Korupsi Di Perusahaan Badan Usaha Milik Negara"

  • Edisi Juni 2021 Jurnal Thengkyang
    Vol 6 No 1 (2021)

    Beberapa Isu di bidang Ilmu Hukum akan menjadi pembahasan dalam Jurnal Thengkyang terbitan Volume 6, Nomor 1 Tahun 2021 membahas terkait  Upaya Penyelesaian Dan Akibat Hukum Tunggakan Pembayaran Premi Asuransi Jiwa PT. Asuransi Takaful Keluarga.  Ketentuan Nomor 10 huruf (e) SP3A mengatur Hak klaim dapat dilakukan oleh peserta bank dengan mengajukan klaim kepada Asuransi Takaful Umum dan Keluarga dalam waktu paling lambat 3 (tiga) bulan sejak timbul hak klaim. Prosedur penyelesaian klaim dilakukan tertanggung dengan mengajukan klaim kepada Asuransi Takaful Umum dan Keluarga. Dilanjutkan kajian berkaitan Analisis Yuridis Kesesuaian Izin Hak Guna Bangunan (HGB) Dalam Pembangunan Perumahan yang fokos bahasannya membahas wewenang yang diberikan oleh hukum kepada pemegang haknya untuk memakai tanah yang bukan miliknya yaitu tanah negara atau tanah milik orang lain dengan jangka waktu tertentu dan untuk keperluan yang tertentu pula. Hak Guna Bangunan, pemilik hanya membeli izin untuk menggunakan tanah milik negara dalam jangka waktu tertentu. Dalam bahasan selanjutnya kajian berkaitan Perwujudan Equality Before The Law Terhadap Penyandang Disabilitas. Dalam bahasan tulisan ini melihat Implementasi Penyelenggaraan Kesamaan Kesempatan terhadap Penyandang Disabilitas dalam segala aspek penyelenggaraan negara dan masyarakat, Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan hak Penyandang Disabilitas, termasuk penyediaan Aksesibilitas dan Akomodasi yang Layak. Dan beberapa tulisan lain yang dapat dilihat oleh pembaca.

  • Edisi Juni 2020 Jurnal Thengkyang
    Vol 1 No 1 (2020)

    Beberapa Isu di bidang Ilmu Hukum akan menjadi pembahasan dalam Jurnal Thengkyang terbitan Volume 1, Nomor 1 Tahun 2020. Pertama diawali oleh Kajian Tentang Wewenang dan Tanggung Jawab Hukum Hakim Pengawas dalam Proses Hukum Kepailitan di Pengadilan Niaga, dilanjutkan kajian Perilaku Berkendara Pada Masyarakat Kota Palembang (Kasus Berkendara Menggunakan Sepada Motor), lalu  Upaya Penyelesaian Dan Akibat Hukum Tunggakan Pembayaran Premi Asuransi Jiwa PT. Asuransi Takaful Keluarga. Berdasarkan ketentuan Nomor 10 huruf (d) SP3A maka hak klaim dapat diajukan oleh pihak bank apabila pembiayaan tersebut macet yang disebabkan debitur tertanggung atau peminjam meninggal dunia atau terkena PHK yang menyebabkan pembiayaan dikategorikan “diragukan”/kolektibiklitas (sesuai ketentuan Bank Indonesia). Konsep Keadilan John Rawls yang  bermaksud untuk menggali lebih dalam mengenai konsep keadilan menurut John Rawls, seorang sarjanawan yang memiliki kredibilitas dan integritas di dalam mengurai konsep abstrak mengenai keadilan, hukum dan masyarakat serta negara dan beberapa isu lainnya yang dapat dilihat.

  • Edisi Juni 2019 Jurnal Thengkyang
    Vol 1 No 1 (2019)

    Beberapa Isu di bidang Ilmu Hukum akan menjadi pembahasan dalam Jurnal Thengkyang terbitan Volume 1, Nomor 1 Tahun 2019. Pertama diawali oleh Kajian Tentang DPD RI dan perkembangannya selama ini, Pengaturan Dan Pelaksanaan Penegakan Hukum Terhadap Iuu Fishing Dalam Penguatan Sistem Hukum Nasional, Naturalisasi Dalam Hukum Kewarganegaraan: Memahami Konsep, Sejarah, Dan Isu Hukumnya,  Rekonseptualisasi Sistem Pemilihan Kepala Daerah Untuk Memperkuat Calon Independen Dalam Menghilangkan Praktik Politik Uang,  Pengelolaan Lingkungan Hidup Akibat Limbah Industri Ditinjau Dari Sektor Hukum, Ekonomi, Sosial Dan Budaya Di Indonesia,  Perlindungan Hukum bagi Korban Penipuan Investasi (Studi Kasus di Kota Palembang),  Wewenang Dan Hambatan Pelaksanaan Penyidikan Tindak Pidana Cukai Yang Dilakukan Oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil Bea Dan Cukai

  • Vol 2 No 1 (2020): Edisi Desember 2020 Jurnal Thengkyang
    Vol 2 No 1 (2020)

    Beberapa Isu di bidang Ilmu Hukum akan menjadi pembahasan dalam Jurnal Thengkyang terbitan Volume 2 Nomor 1 DESEMBER Tahun 2020. Pertama diawali oleh Kajian Tentang Pengawasan Dan Penertiban Peredaran Minuman Beralkohol Di Sumatera Selatan, dilanjutkan kajian Perlindungan Konsumen Dan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (Laps) Sektor Jasa Keuangan Di Indonesia, lalu Peran Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban (LPSK) Dalam Memberikan Perlindungan Hukum. Dalam kajian ini membahas perlindungan hukum LPSK bertujuan untuk pemberian bantuan hukum dan rasa aman kepada Saksi dan/atau Korban. Sarana perlindungan hukum tersebut ada dua bentuk, yaitu sarana perlindungan hukum Preventif dan Represif. Perlindungan hukum terhadap saksi dan korban dalam proses peradilan pidana tentunya tidak terlepas dari perlindungan menurut ketentuan hukum positif yang berlaku.. Upaya Hukum Pihak Kontraktor Atas Keterlambatan Pembayaran Kontrak Pengadaan Barang/Jasa dan beberapa isu lainnya yang dapat dilihat.

  • Edisi Desember 2019 Jurnal Thengkyang
    Vol 2 No 1 Desember (2019)

    Beberapa Isu di bidang Ilmu Hukum akan menjadi pembahasan dalam Jurnal Thengkyang terbitan Volume 1, Nomor 2 Desember Tahun 2019. Pertama Perbandingan Dinamika Oposisi di Indonesia dan Turki Dalam Perspektif Teori Demokrasi Konstitusional, dilanjutkan dengan kajian Penguatan Kewenangan Penyadapan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sebagai Lembaga Negara (Analisis Yuridis Normatif Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi). Dilanjutkan dengan kajian Persepsi Pandangan Hukum Dan Masyarakat Dalam Pengertian Hukuman Mati Dan Penjara Seumur Hidup Dalam Penerapan Sanksi Pidana, lalu kajian terkait  Legalisasi Aborsi Akibat Pemerkosaan Dalam Penerapan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Jo Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Reproduksi dan beberapa kajian lainnya.